24 Juli 2013

Keik Sifon Pandan

Keik sifon pandan atau "chiffon cake pandan" merupakan kue bercita rasa barat yang berasal dan dikembangkan di Amerika Serikat. Cara membuatnya sedikit berbeda dengan jenis keik yang lain. Itu sebabnya tekstur kuenya pun berbeda. "Chiffon" adalah kata dalam bahasa Inggris yang merujuk kepada sejenis kain sutera yang tipis dan lembut. Padanannya dalam bahasa Indonesia adalah "sifon".

Jadi keik sifon ("chiffon cake") adalah sejenis keik atau kue bolu yang sangat lembut, terasa seperti sutera dan kapas.

Khusus keik sifon pandan ini merupakan "keik sifon" yang lahir di Indonesia yang mendapat pengaruh zaman kolonial Belanda, terutama di daerah dengan mayoritas suku Melayu. Karena menjadi kue bolu khas Melayu, maka keik sifon pandan atau "chiffon cake pandan" ini juga populer di Malaysia dan Singapura.

keik sifon pandan ini menggunakan campuran bahan khas nusantara, yakni daun pandan dan/atau daun suji, yang memberikan warna hijau alami. Pemakaian daun pandan akan memberikan aroma pandan yang wangi pada kue bolu tetapi dengan warna hijau yang agak muda, sementara pemakaian daun suji akan memberikan warna hijau yang lebih kentara pada kue bolu tetapi tanpa aroma yang wangi.

Bahan untuk membuat keik sifon pandan ini umumnya terbuat dari minyak sayur, telur, gula, tepung, baking powder, dan perasa, dengan kombinasi adonan dan busa "foam".

Karena perbedaan tekstur ini, keik sifon tidak bisa langsung dikeluarkan dari cetakan selagi masih panas. Kue baru bisa dilepaskan dari cetakan dan dipotong saat sudah dingin.


BAHAN A :
7 putih telur
1/2 sdt cream of tartar
75 gr gula pasir

BAHAN B :
125 gr gula pasir
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
80 gr minyak goreng
7 kuning telur
1/4 sdt garam
150 gr tepung terigu
25 ml air daun suji
4 tetes pewarna hijau

CARA MEMBUAT :
1. Aduk bahan B sampai rata, sisihkan.
2. Bahan A : kocok putih telur dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir lalu kocok mengembang.
3. Tuang bahan A ke dalam bahan B sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
4. Masukkan adonan ke dalam loyang sifon tanpa dioles. Panggang dalam oven selama 45 menit dengan suhu 170 derajat Celcius.
5. Setelah matang, telungkupkan loyang di botol. Diamkan sampai kue dingin.
6. Keluarkan kue dengan bantuan pisau. Kerat adonan yang menempel di loyang. Dorong alas cetakan ke atas untuk melepaskan kue dari sisinya. Selipkan pisau di dasar cetakan untuk melepaskan kue dari dasar cetakan.

Untuk : 8 potong
Tulis Komentar
Comment Policy: Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !